Cerita CCIP dari Kaimana (Asal Mula) - CCIP 2018/2019


Pada bulan November tahun 2017, ketika sedang asik membuka Fecebook lewat HP dan mendengarkan lagu. Saya membaca sebuah tautan yang dibagikan oleh AMINEF/FULLBRIGHT, yaitu sebuah Badan/Lembaga kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Amerika. Mereka membagikan tautan tentang CCIP (Community Colege Initiative Program) yaitu program beasiswa non gelar yang di selenggarakan guna menambah wawasan/pengatahuan dan meningkatkan skill/kemampuan kerja lewat study dan kursus juga membagikan kebudayaan antar Amerika-Indonesia selama 1 tahun berjalan di Amerika.

Setelah membuka tautan yang di bagikan dan membaca persyaratan-persyaratan program beasiswa tersebut, tiba-tiba ada angin segar gitu bisa di bilang good news πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ ketika membaca salah satu persyaratannya yaitu memiliki kemampuan bahasa inggris minimal 450 untuk TOEFL... dalam hati saya,, wah ini kesempatan, kebetulan scor toefl saya 450 saat mengikuti Tes TOEFL PBT di Universitas Patimura Ambon tahun 2016 😎😎😎 semoga tidak sia-sia hasil tes TOEFL tahun 2016 ..... karena kebanyakan beasiswa mensyaratkan nilai TOEFL yang cukup tinggi, tapi bad newsnya batas pengumpulan berkas-berkasnya tanggal 1 Desember 2017 yang hanya tinggal beberapa hari lagi dan esaynya ada 8 di isi dengan bahasa inggris, bukan bahasa indonesia, jawa, sunda, seram, kaimana, mairasi, irarutu atau apalah jenis bahasa di kaimana ini.

Saat itu beberapa hari langsung mencicil (emangnya hutang –dicicil-) beberapa esay yang diisyaratkan untuk di isi dan dilengkapi. Saya langsung menulis tangan esay-esay tersebutπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ. Yah.,., boleh di bilang lumayan juga menguras tenaga, pikiran dan ongkos (beneran karena membutuhkan terjemahan bahasa inggris juga di uncle google translate) karena menggunakan terjemahan kan perlu paket data tuu... jadi ongkos juga keluar. Tapi saran aja sih, uncle GT itu di pakai untuk cari kata-kata yang kita belum tahu bahasa inggisnya, jangan terjemahkan kalimatnya ya.,.,.gak beraturan structurenya (apalagi kalo terjemahan dari bahasa indonesia sehari-hari di daerah anda,.,., hahahha.,.,)

Sampailah saya pada titik batas waktu pengumpulan berkas yang tinggal 3 hari lagi. Syukur deh saya dapat perjalanan dinas ke Jakarta. Jadi pikir saya bisa langsung membawanya ke kantor AMINEF langsung tanpa harus lewat jasa pengiriman. Untuk berkas berkas yang lain aku udah siap seperti ijazah S1, terjemahan bahasa inggrisnya, Pasport, Scor TOEFL, tinggal 1 aja nih yang belom seles.,., Esay di Aplikasi formnya.,., sumpah susah banget baru tanpa tutor pula,., dan aku harus tulis tangan, sebenarnya gak harus tulis tangan, tapi aku terjemahankan di persyaratannya, aplikasi formnya tulis tangan. Jadinya aku tulis tangan pada akhirnya aku tahu dari teman-teman aku yang lain, aplikasi formnya hanya di ketik..,., sakit hati (kejujuran yang paling dalam), hahaha.....

Satu hari sebelum pengumpulan, saya mengejar target saya yaitu mengisi aplikasi formnya, saya selesaikan di hotel Amaris, di Jakarta dan langsung memasukannya dalam 1 amplop coklat dan memfotocopy semua berkas yang lain. Dan segera mengantarnya ke Kantor AMINEF pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 11.05 WIB. Saya di antar sama Grab yang saya booking saat mau berangkat dari hotel. Pas nyampe di sana, di Intiland Tower, herannya saya, kok gedung besar ini sepi adem ayem gitu ya.,., saya pikir mungkin jam kerja jadi semua pegawai pada di ruangannya masing-masing, tapi semakin aku mendekat dan turun di depan pintu utamanya, perasaan saya kantor ini semakin hororπŸ‘ΉπŸ‘ΉπŸ‘ΉπŸ‘ΊπŸ‘ΊπŸ‘Ί, hahaha, gak horor horor bangetlah ada satpamnya. Eh ternyata kantornya lagi libur kata satpamnya (saya shock dan hampir hopeless), saya langsung tanya, trus gimana ya berkas CCIP saya yang mau serahkan ke AMINEF, kata satpamnya nanti langsung aja naik ke lantai 11 dan masukin lewat bawa pintu. Oh syukurlah. Langsung saya naik aja setelah di kasih akses sama satpamnya. Setelah sampai di lantai 11 saya langsung menuju ke kantornya AMINEF, ternyata dan ternyata........ memang mereka lagi libur karena hari raya Maulid Nabi Muhammmad, saya aja yang jarang liat kelender jadi gak tahu ada hari libur (keseringan lihat Kalender lewat HP)πŸ˜”πŸ˜”πŸ˜”

Komentar

Postingan Populer